Manual Media
Media Pembelajaran
Nama Media
|
:
|
Tidak ada spesifik nama media yang saya
gunakan, karena saya disini menggunakan barang-barang konkret yang ada di
sekitar siswa, seperti pensil, penghapus karet, jam dinding dan sebagainya
|
Kelas
|
:
|
I (satu)
|
Semester
|
:
|
2 (dua)
|
Alat
yang digunakan:
·
Pensil
·
Penghapus
·
Es batu
·
Air hangat
·
Jam dinding atau
stopwatch
·
Timbangan
sederhana
Alat
yang digunakan untuk membuat timbangan sederhana :
·
Kertas karton
bekas atau kayu jika ada
·
Lem atau perekat
·
Tali
·
Wadah (tempat
menaruh barang)
·
gunting
Cara
pembuatan media timbangan :
·
Buat bentuk kubus
atau balok sebagai alas atau penopang pada timbangan dengan menggunakan kertas
karton bekas, sehingga timbangan bisa berdiri
·
Kasih lubang pada
bagian tengahnya, sebagai tempat untuk menaruh batang dari timbangan tersebut
·
Buatlah bentuk
tabung dari karton bekas sebagai batang dari timbangan
·
Jika sudah
masukkan ke dalam lubang kubus atau balok yang telah dibuat sebelumnya
·
Pastikan antara
alas dengan batang timbangan tegak lurus dan rapat
·
Buatlah bentuk
tabung yang lebih kecil lagi sebagai lengan timbangan
·
Jika sudah satukan
lengan timbangan di ujung atas batang timbangan
·
Kaitkan tali ke
wadah
·
Kemudian ikatkan
pada lengan timbangan
Cara
penggunaan media timbangan
·
Letakkan benda
pada wadah yang ada di lengan timbangan
·
Pastikan benda
tersebut berbeda ukuran atau berat yang berbeda
·
Perhatikan pada
lengan timbangan, jika lengan timbangannaik berarti benda yang ada di lengan
timbangan tersebut adalah ringan. Dan jika lengannya turun atau lebih rendah
dari pada lengan yang satunya, maka benda yang terdapat pada lengan tersebut
adalah berat.
Langkah-langkah
pembelajaran
a. Membandingkan
panjang benda
· Media
yang digunakan untuk perbedaan panjang benda adalah pensil dan penghapus
· Setiap
siswa di suruh untuk menyiapkan pensil dan penghapus masing-masing satu buah
· Setelah
itu setiap siswa diminta untuk membandingakan antara pensil dan penghapus mana
yang lebih panjang
b. Membandingkan
berat benda
· Media
yang digunakan untuk membandingkan berat benda adalah timbangan sederhana
· Setiap
siswa diminta untuk membandingkan berat batu dan kapas
· Mintalah
siswa untuk menaruh batu pada lengan timbangan kemudian kapas pada sisi lengan
timbangan yang satunya
· Mintalah
siswa untuk memperhatikan apa yang terjadi
c. Membandingkan
lamanya waktu
· Media
yang digunakan untuk membandingjkan lamanya waktu adalah jam dinding
· Siswa
diminta untuk mendengarkan dua lagu, dimana durasi lagunya berbeda yang satu
dengan durasi cepat sedangkan yang satunya lagi dengan durasi yang lama
· Siswa
diminta untuk mengamati antara dua lagu tersebut, manakan lagu yang lebih cepat
dan manakan lagu yang berdurasi lebih lambat menggunakan jam dinding yang telas
ada di kelas
d. Membandingkan
suhu
· Media
yang digunakan adalah es batu dan air hangat yang ada di dalam gelas
· Mintalah
siswa untuk mengamati es batu dan air hangat tersebut
· Mintalah
siswa untuk memegang masih-masing benda tersebut
· Kasihlah
konsep kepada siswa bahwa suhu benda dingin lebih rendah dari pada suhu benda
yang hangat atau panas
· Mintalah
siswa membandingkan suhu kedua benda tersebut. Mana benda yang suhunya lebih
rendah dan mana benda yang suhunya lebih tinggi
Kelebihan
dan kekurangan media
a. Kelebihan
media
Kelebihan dari media pembelajaran pada
materi perbedaan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu antara lain adalah
sebagai beriku :
· Bahan
atau media yang digunakan merupakan barang-barang yang mudah didapatkan
· Pembuatannya
sederhana
b. Kekurangan
dari media
Setiap kelebihan pasti akan menimbulkan
kekurangan. Kekurangan dari media antara lain adalah:
· Bahan
atau media yang digunakan adalah alat-alat sederhana, sehingga kurang menarik
minat siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar