Rabu, 27 Desember 2017

RPP Pembelajaran 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :  MI Almuniroh
Kelas / Semester             :  V (Lima) / 1
Tema 4                             :  Sehat Itu Penting
Sub Tema 3                      :  Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia
Pembelajaran                  :  2
Alokasi Waktu                :  1 pertemuan (2x35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
       PPKn
       Kompetensi Dasar
1.2  Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2  Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2  Memahami makna tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2  Mengambil keputusan bersama tentang tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.2.1  Siswa selalumelakukan kewajibanya sebagai siswa dengan belajar.
2.2.1  Siswa selalu bertanggungjawab atas apa yang dilakukanya sebagai penerapan kedisiplinan siswa.
3.2.1  Siswa dapat menjelaskan pengertian dan makna dari tanggung jawab.
4.2.1  Siswa mampu mencontohkan bersama teman-temanya mengenai mengambil keputusan atas suatu masalah
IPA
Kompetensi Dasar
3.4  Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
4.4  Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
Indikator
3.4.1  Siswa dapat mengetahui perbedaan organ peredaran darah untuk manusia dan hewan.
3.4.2  Siswa dapat mengetahui fungsi dari setiap organ peredaran darah manusia.
3.4.3  Siswa dapat mengetahui pola aliran peredaran darah manusia.
3.4.4  Siswa dapat mengetahui cara untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah dengan membawa bekal makanan yang bernutrisi kesekolah.
4.4.1 Siswa dapat menggambar aliran peredaran darah manusia dan mempresentasikan dihadapan teman-temanya.
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
3.6  Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulisan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6  Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk bngkapan diri.
Indikator
3.6.1  Siswa dapat mengidentifikasi isi atau amanat pantun yang dibuatnya.
3.6.2  Siswa dapat mengidentifikasi isi atau amanat dari pantun yang dibuat temanya.
4.6.1  Siswa dapat membaca pantun yang dibuatnya dengan mengunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai dengan jenis pantunya.
IPS
Kompetensi Dasar
3.2  Memahami interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi Indonesia.
4.2  Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembanguna sosial, budaya, ekonomi, masyarakat Indonesia.
Indikator
3.2.1  Siswa dapat mengetahui macam-macam pola interaksi dalam masyarakat.
4.2.1  Siswa dapat mencontohkan perilaku sopan santun terhadap orang yang lebih tua dalam berinteraksi dimasyarakat.


C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati dan membaca cerita bergambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai gambar cerita sesuai bacaan.
2.      Dengan kegiatan menulis pengertian gambar cerita, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah pembuatan gambar cerita secara runtut.
3.      Dengan kegiatan berkarya, siswa dapat membuat contoh gambar cerita satu adegan sesuai kalimat penggalan cerita.
4.      Dengan kegiatan mencari tahu mengenai organ peredaran darah pada hewan, siswa dapat menyebutkan berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada hewan.
5.      Dengan kegiatan mencari tahu mengenai organ peredaran darah pada hewan, siswa dapat menyebutkan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.

D.   MATERI PEMBELAJARAN
1.      Mengenal pantun.
2.      Cara mengidentifikasi isi dan amanat pantun.
3.      Organ peredaran manusia dan hewan.
4.      Cara menjaga dan merawat organ peredaran manusia.

E.   PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan   : Saintifik
·         Metode         : Simulasi, diskusi, tanya jawab.

F.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Sehat itu penting dengan subtema “Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
§  Siswa mengamati dan membaca cerita bergambar dengan seksama.
§  Siswa mencermati setiap bagian yang terdapat pada gambar untuk menemukan dan menyatakan konsep gambar cerita tersebut. (kegiatan mengamati)
180 menit
§  Siswa membuat kesimpulan sesuai dengan isi cerita bergambar.
§  Siswa maju bergantian untuk menyampaikan kesimpulan yang didapatnya dari buku cerita yang dibaca.
§  Dari kesimpulan tersebut siswa menggambarkan suatu adegan yang terdapat pada hasil kesimpulanya (sesuai imajinasi masing-masing siswa).
§  Siswa mencari dan mengumpulkan data dan informasi untuk mengisi tabel tentang organ peredaran darah, gangguan pada organ peredaran darah, dan cara memeliha kesehatan organ peredaran darah.
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

G.   SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber  :
¡  Buku Guru & Buku Siswa Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).

Media   :
·           Gambar tentang organ-organ peredaran manusia dan hewan
·           Vidio pola peredaran darah manusia.
·           Vidio tatacara membuat cerita bergambar.







H.   PENILAIAN HASIL BELAJAR

Aspek yang dinilai
Jenis Penilaian
Bentuk Instrumen
Kognitif
Tes Tulis
Soal 
Afektif
Pengamatan siswa di kelas
Rubrik Sikap
Psikomotorik
Hasil kerja siswa
Rubrik penilaian unjuk kerja


Kisi-kisi Penilaian
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1
3.6       Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulisan dengan tujuan untuk kesenangan.


4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk bngkapan diri.

3.6.1 Siswa dapat mengidentifikasi isi atau amanat pantun yang dibuatnya.
3.6.2    Siswa dapat mengidentifikasi isi atau amanat dari pantun yang dibuat temanya.
4.6.1    Siswa dapat membaca pantun yang dibuatnya dengan mengunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai dengan jenis pantunya.

Tes



Tes



Non Tes
Tes Tulis



Tes Tulis



Performance
Teks Indentifikasi Puisi

Teks Indentifikasi Puisi

Rubrik Penilaian Performance
2
3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.













4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.

3.4.1    Siswa dapat mengetahui perbedaan organ peredaran darah untuk manusia dan hewan.
3.4.2    Siswa dapat mengetahui fungsi dari setiap organ peredaran darah manusia.
3.4.3    Siswa dapat mengetahui pola aliran peredaran darah manusia.
3.4.4    Siswa dapat mengetahui cara untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah dengan membawa bekal makanan yang bernutrisi kesekolah.
4.4.1    Siswa dapat menggambar aliran peredaran darah manusia dan mempresentasikan dihadapan teman-temanya.
Tes




Tes



Tes


Tes






Non Tes
Tes Tulis




Tes Tulis



Tes Tulis


Tes Tulis







Butir Soal




Butir Soal



Butir Soal


Butir Soal

Jenis Penilaian  :
1.       Penilaian Sikap Spiritual (penilaian diri sendiri)
Aspek
Kompetensi
Indikator
Ketaatan beribadah
Menghargai perbedaan dalam beribadah.
·         Tidak menggangu teman yang sedang beribadah.
·         Menghormati hari besar keagamaan
Berperilaku syukur
Menerima perbedaan karakteristik sebagai anugrah Tuhan.
·         Tidak berkecil hati dengan segala keadaan yang dihadapi.
Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
Menjalankan perintah Tuhan untuk selalu berdo’a.
·         Menunjukkan selalu berdo’a setiap kegiatan yang dilakukan.
·         Mengingatkan dan mengajak teman untuk selalu berdo’a.

Contoh Lembar Penilaian Diri Sendiri
Nama              :
Kelas               :
Semester         :

Beri tanda centang () sesuai dengan keadaan kalian sehari-hari !
No.
Pernyataan
Selalu
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1.
Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas



2.
Saya selalu berdoa sesudah melakukan aktivitas



3.
Saya mengajak teman saya untuk merawat pemberian Allah SWT.



4.
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia yang diberikan Allah SWT.



5.
Saya tidak pernah mengganggu teman yang lagi sholat dan berdo’a.



*) KETERANGAN
·         Selalu Nilai 90 – 100
·         Kadang-kadang 80 – 89
·         Tidak Pernah 70 - 79





2.       Penilaian Sikap Sosial (observasi / pengamatan)
Nilai Sikap yang dikembangkan
Definisi
Indikator
Cermat
Kehati-hatian dalam  mengerjakan sesuatu.
·         Senantiasa hati-hati dan penuh ketelitian dalam mengerjakan sesuatu.
·         Mengerjakan sesuatu sesuai dengan aturan atau kaidah yang berlaku
Percaya Diri
Yakin terhadap kemampuan diri sendiri.
·         Berani bertanya hal yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
·         Menunjukkan bakat dan rasa ingin tahunya terhadap suatu materi pelajaran meskipun belum dikuasainya.
Tanggung Jawab
Kesadaran akan tingkah laku atau perbuatan baik disengaja atau tidak.
·         Meminta maaf ketika melakukan kesalahan baik terhadap teman atau gurunya.
·         Berani bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan.


Contoh Lembar pengamatan (observasi) yang di gunakan

Minggu ke : ..................   Bulan : ......................  20.... 


NO


Nama Siswa
Perubahan Tingkahlaku
Cermat
Percaya Diri
Bertanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Ahmad Jifri












2
Candra Choiriyah












3
Hendra Musthofa












4
Muhammad Jefri












5
Tara Fatimah





























*) Guru memberikan tanda centang (√) pada kolom yang sudah tersedia sesuai dengan sikap yang muncul pada siswa.
Rumus perhitungan sebagai berikut:
Jumlah skor akhir yang diperoleh          x 100
               Skor ideal
Keterangan :
·         Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah skor yang diperoleh dari kriteria 1,2,3,4.
·         Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
Keterangan      :
BT:      Belum terlihat
     Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda perilaku yang diinginkan dalam indikator.
MT:     Mulai terlihat
     Apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adnya tanda-tanda yang diinginkan dalam indikator tetapi belum konsisten.
MB:     Mulai berkembang
     Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang diinginkan indakor dan mulai konsisten.
SM:     Sudah membudaya
     Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang diinginkan indikator secara konsisten.

3.       Penilaian Pengetahuan
No.
Indikator Kompetensi
Indikator Butir Soal
Jenis Soal
No. Butir Soal
1.
Menjelaskan.
Menjelaskan pengertian peredaran darah
 Uraian
-          1
2.
Menyebutkan

Menyebutkan macam-macam alat peredaran darah
Uraian
-          2
3.
Menalar
Mencari bukti-bukti dari peredaran manusia
Uraian
-          3
4.
Menjelaskan
Menjelskan pola peredaran darah manusia
Uraian
-          4
5
Menyebutkan
Menyebutkan cara menjaga organ peredaran darah
Uraian
-          5
*) Skor setiap butir soal 20 ( 5 soal x 20 = 100).

4.      Penilaian Keterampilan (penilaian unjuk kerja)
a.      Rubrik penilaian menganalisis Pantun
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Siswa mampu menceritakan pantun sesuai pemahamanya
Siswa mampu menceritakan pantun sesuai pemahamanya
Siswa mampu menceritakan pantun sesuai pemahamanya
Siswa belum mampu menceritakan pantun sesuai pemahamanya
2
Pemahaman
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang dijukan
Mampu menjawab kurang dari setengah pertanyaan yang diajukan
Belum mampu menjawab pertanyaan yang diajukan

Contoh Rubrik yang digunakan
No
Nama
Nilai
Catatan Guru
Membaca
Pemahaman
1
Ahmad Jifri



2
Candra Choiriyah



3
Hendra Musthofa



4
Muhammad Jefri





Rumus perhitungan sebagai berikut:
Jumlah skor akhir yang diperoleh          x 100
               Skor ideal
Keterangan :
·         Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah skor yang diperoleh dari kriteria 1 dan 2.
·         Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.



Mengetahui
Kepala MIS Nurul Iman


Raden Syaifuddin.
NIP. 19976007 200103 2 007
       Surabaya, 14 Mei 2017


Guru Kelas


Ahmad Rizal Fannani
NIM. D07215002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konduktor Isolator

konduktor Konduktor atau penghantar adalah zat atau bahan yang bersifat dapat menghantarkan energy, baik energy listrik maupun energy...