Rabu, 27 Desember 2017

Evaluasi Qur'an Hadits



Nama                           : Ahmad Rizal Fannani
Nim                             : D07215002
Maeteri                        : Hadits Amal Shaleh
Kelas / Semester         : VI / Genap

PENILAIAN

Aspek yang dinilai
Jenis Penilaian
Bentuk Instrumen
Kognitif
Tes Tulis
Soal 
Afektif
Pengamatan siswa di kelas
Rubrik Sikap
Psikomotorik
Hasil kerja siswa
Rubrik penilaian unjuk kerja

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1
1. 1 Meyakini bahwa setiap manusia pasti mati dan menerima balasan amal perbuatanya
1.1.1    Siswa meyakini adanya kematian dan hari pembalasan dengan selalu mendoakan kedua orang tuanya sebagai implementasi Hadits tentang amal shaleh
Non Tes
Observasi
Rubrik Penialaian Diri sendiri
2
2.2 Memiliki perilaku suka beramal shaleh
2.2.1    Siswa terbiasa memberikan infaq seikhlasnya kesekolah sebagai penerapan beramal shaleh
Non Tes
Observasi
Rubrik Penilaian Observasi
3
3.2 Mengetahui lafadl dan arti hadits tentang amal shaleh

3.3 Memahami isi kandungan hadits tentang amal shaleh
3.2.1    Siswa dapat mengetahui hadits tentang amal shaleh beserta artinya
 3.3.2   Siswa dapa memahami isi kandungan dari hadits tentang amal shaleh
Tes



Tes

Tes Tulis Uraian


Tes Tulis

Butir Soal Uraian


Butir Soal uraian


4
4.4 Menghafalkan hadits tentang amal shaleh
4.4.1 Siswa dapat menghafal hadits tentang amal shaleh beserta artinya.
4.4.2  Siswa dapat menuliskan hadits tentang amal shaleh beserta artinya dengan benar.
Non Tes



Non Tes
Performance



Produk
Rubrik Penilaian Performance

Rubrik Penilaian Produk

Jenis Penilaian  :
1.      Penilaian Sikap Spiritual (penilaian diri sendiri)
Aspek
Kompetensi
Indikator
Ketaatan beribadah
Menghargai perbedaan dalam beribadah.
·         Tidak menggangu teman yang sedang beribadah.
·         Menghormati hari besar keagamaan
Berperilaku syukur
Menerima perbedaan karakteristik sebagai anugrah Tuhan.
·         Tidak berkecil hati dengan segala keadaan yang dihadapi.
Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
Menjalankan perintah Tuhan selalu berdo’a untuk orang tuanya .
·         Menunjukkan selalu berdo’a untuk orang tuanya sesudah sholat.
·         Mengingatkan dan mengajak teman untuk selalu berdo’a untuk orang tuanya.

Contoh Lembar Penilaian Diri Sendiri
Nama              :
Kelas               :
Semester         :

Beri tanda centang () sesuai dengan keadaan kalian sehari-hari !
No.
Pernyataan
Selalu
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1.
Saya selalu berdoa untuk orang tua sesudah sholat



2.
Saya selalu berdoa setiap melakukan aktivitas



3.
Saya mengajak teman saya berdo’a demi kebaikan orang tua kita.



4.
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia yang diberikan Allah SWT.



5.
Saya tidak pernah mengganggu teman yang lagi sholat dan berdo’a.



*) KETERANGAN
·         Kriteria selalu 80 – 100
·         Kriteria kadang-kadang 60 – 79
·         Kriteria tidak pernah 50 – 69





2.      Penilaian Sikap Sosial (observasi / pengamatan)
Nilai Sikap yang dikembangkan
Definisi
Indikator
Shodaqoh / Infaq kesekolah
Memberikan sumbangan kesekolah satu minggu sekali sebagai latihan beramal shaleh.
·         Senantiasa memberikan sumbangan seikhlasnya kesekolah satu minggu sekali
Percaya Diri
Yakin terhadap kemampuan diri sendiri.
·         Berani bertanya hal yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
·         Menunjukkan bakat dan rasa ingin tahunya terhadap suatu materi pelajaran meskipun belum dikuasainya.
Tanggung Jawab
Kesadaran akan tingkah laku atau perbuatan baik disengaja atau tidak.
·         Meminta maaf ketika melakukan kesalahan baik terhadap teman atau gurunya.
·         Berani bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan.



Contoh Lembar pengamatan (observasi) yang di gunakan

Minggu ke : ..................   Bulan : ......................  20.... 


NO


Nama Siswa
Perubahan Tingkahlaku
Cermat
Percaya Diri
Bertanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Ahmad Jifri












2
Candra Choiriyah












3
Hendra Musthofa












4
Muhammad Jefri












5
Tara Fatimah





























*) Guru memberikan tanda centang (√) pada kolom yang sudah tersedia sesuai dengan sikap yang muncul pada siswa.
Keterangan      :
BT:     Belum terlihat
     Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda perilaku yang diinginkan dalam indikator.
MT:    Mulai terlihat
     Apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adnya tanda-tanda yang diinginkan dalam indikator tetapi belum konsisten.
MB:    Mulai berkembang
     Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang diinginkan indakor dan mulai konsisten.
SM:     Sudah membudaya
     Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang diinginkan indikator secara konsisten.
Rumus perhitungan sebagai berikut:
Jumlah skor akhir yang diperoleh          x 100
               Skor ideal
3.      Penilaian Pengetahuan
No.
Indikator Kompetensi
Indikator Butir Soal
Jenis Soal
No. Butir Soal
1.
Menjelaskan.
Menjelaskan pengertian beramal shaleh
 Uraian
-          1
2.
Menyebutkan

Menyebutkan apa saja amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya
Uraian
-          2
3.
Menalar
Mencari contoh-contoh penerapan amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya
Uraian
-          3
4.
Menjelaskan
Menjelskan alasan nabi menyuruh melakukan 3 amal yang tidak dapat putus pahalanya.
Uraian
-          4
5
Menyebutkan
Menyebutkan apa yang didapatkan setelah melakukan amal shaleh.
Uraian
-          5
*) Skor setiap butir soal 20 ( 5 soal x 20 = 100).

4.      Penilaian Keterampilan (penilaian unjuk kerja)
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Menghafal
Siswa mampu menghafal hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
Siswa mampu menghafal sebagian besar hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
Siswa mampu menghafal hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
Siswa belum mampu menghafal hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
2
Menulis
Mampu menuliskan semua hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
Mampu menuliskan setengah atau lebih hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
Mampu menuliskan kurang dari setengah hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
Belum mampu menuliskan hadits 3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.





Contoh Rubrik yang digunakan
No
Nama
Nilai
Catatan Guru
Menghafal
Menulis
1
Ahmad Jifri



2
Candra Choiriyah



3
Hendra Musthofa



4
Muhammad Jefri



Rumus perhitungan sebagai berikut:
Jumlah skor akhir yang diperoleh          x 100
               Skor ideal
Keterangan :
·         Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah skor yang diperoleh dari kriteria 1 dan 2.
·         Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
Pada contoh ini, skor ideal = 2x4=8.


Mengetahui
Kepala MIS Nurul Iman


Sulthon Mas’ud. M.Pdi
NIP. 19976007 200103 2 007
       Surabaya, 14 Mei 2017


Guru Kelas


Ahmad Rizal Fannani
NIM. D07215002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konduktor Isolator

konduktor Konduktor atau penghantar adalah zat atau bahan yang bersifat dapat menghantarkan energy, baik energy listrik maupun energy...