Nama :
Ahmad Rizal Fannani
Nim :
D07215002
Maeteri :
Hadits Amal Shaleh
Kelas / Semester :
VI / Genap
PENILAIAN
Aspek yang dinilai
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Psikomotorik
|
Hasil kerja siswa
|
Rubrik penilaian unjuk kerja
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1
|
1. 1 Meyakini bahwa setiap manusia pasti
mati dan menerima balasan amal perbuatanya
|
1.1.1 Siswa
meyakini adanya kematian dan hari pembalasan dengan selalu mendoakan kedua
orang tuanya sebagai implementasi Hadits tentang amal shaleh
|
Non Tes
|
Observasi
|
Rubrik Penialaian Diri sendiri
|
2
|
2.2
Memiliki perilaku suka beramal shaleh
|
2.2.1 Siswa terbiasa memberikan infaq
seikhlasnya kesekolah sebagai penerapan beramal shaleh
|
Non Tes
|
Observasi
|
Rubrik Penilaian Observasi
|
3
|
3.2
Mengetahui lafadl dan arti hadits tentang amal shaleh
3.3
Memahami isi kandungan hadits tentang amal shaleh
|
3.2.1 Siswa dapat mengetahui hadits tentang amal
shaleh beserta artinya
3.3.2 Siswa
dapa memahami isi kandungan dari hadits tentang amal shaleh
|
Tes
Tes
|
Tes Tulis Uraian
Tes Tulis
|
Butir Soal Uraian
Butir Soal uraian
|
4
|
4.4 Menghafalkan hadits tentang
amal shaleh
|
4.4.1 Siswa dapat
menghafal hadits tentang amal shaleh beserta artinya.
4.4.2 Siswa dapat menuliskan hadits tentang amal
shaleh beserta artinya dengan benar.
|
Non Tes
Non Tes
|
Performance
Produk
|
Rubrik Penilaian Performance
Rubrik Penilaian Produk
|
Jenis
Penilaian :
1. Penilaian Sikap
Spiritual (penilaian diri sendiri)
Aspek
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Ketaatan beribadah
|
Menghargai perbedaan dalam beribadah.
|
·
Tidak menggangu
teman yang sedang beribadah.
·
Menghormati hari
besar keagamaan
|
Berperilaku syukur
|
Menerima perbedaan karakteristik sebagai
anugrah Tuhan.
|
·
Tidak berkecil
hati dengan segala keadaan yang dihadapi.
|
Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
|
Menjalankan perintah Tuhan selalu
berdo’a untuk orang tuanya .
|
·
Menunjukkan
selalu berdo’a untuk orang tuanya sesudah sholat.
·
Mengingatkan dan
mengajak teman untuk selalu berdo’a untuk orang tuanya.
|
Contoh
Lembar Penilaian Diri Sendiri
Nama :
Kelas :
Semester :
Beri
tanda centang (√)
sesuai dengan keadaan kalian sehari-hari !
No.
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
1.
|
Saya selalu berdoa untuk orang tua sesudah sholat
|
|
|
|
2.
|
Saya selalu berdoa setiap melakukan aktivitas
|
|
|
|
3.
|
Saya mengajak teman saya berdo’a demi kebaikan orang tua kita.
|
|
|
|
4.
|
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia yang diberikan
Allah SWT.
|
|
|
|
5.
|
Saya tidak pernah mengganggu teman yang lagi sholat dan berdo’a.
|
|
|
|
*) KETERANGAN
·
Kriteria selalu 80 – 100
·
Kriteria kadang-kadang 60 – 79
·
Kriteria tidak pernah 50 – 69
2. Penilaian Sikap
Sosial (observasi / pengamatan)
Nilai
Sikap yang dikembangkan
|
Definisi
|
Indikator
|
Shodaqoh / Infaq kesekolah
|
Memberikan sumbangan kesekolah satu
minggu sekali sebagai latihan beramal shaleh.
|
·
Senantiasa memberikan
sumbangan seikhlasnya kesekolah satu minggu sekali
|
Percaya Diri
|
Yakin terhadap kemampuan diri sendiri.
|
·
Berani bertanya
hal yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
·
Menunjukkan
bakat dan rasa ingin tahunya terhadap suatu materi pelajaran meskipun belum
dikuasainya.
|
Tanggung Jawab
|
Kesadaran akan tingkah
laku atau perbuatan baik disengaja atau tidak.
|
·
Meminta maaf
ketika melakukan kesalahan baik terhadap teman atau gurunya.
·
Berani
bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan.
|
Contoh Lembar pengamatan (observasi)
yang di gunakan
Minggu ke : .................. Bulan : ...................... 20....
NO
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkahlaku
|
||||||||||||||
Cermat
|
Percaya Diri
|
Bertanggungjawab
|
||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
Ahmad Jifri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
Candra Choiriyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
Hendra Musthofa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
Muhammad Jefri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
Tara Fatimah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
*)
Guru memberikan tanda centang (√) pada kolom yang sudah tersedia sesuai dengan
sikap yang muncul pada siswa.
Keterangan :
BT: Belum terlihat
Apabila
peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda perilaku yang diinginkan dalam
indikator.
MT: Mulai terlihat
Apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adnya tanda-tanda yang diinginkan
dalam indikator tetapi belum konsisten.
MB: Mulai berkembang
Apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang diinginkan
indakor dan mulai konsisten.
SM: Sudah membudaya
Apabila
peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang diinginkan indikator
secara konsisten.
Rumus perhitungan sebagai berikut:
Jumlah skor akhir yang diperoleh x 100
Skor ideal
3. Penilaian
Pengetahuan
No.
|
Indikator Kompetensi
|
Indikator Butir Soal
|
Jenis Soal
|
No. Butir Soal
|
1.
|
Menjelaskan.
|
Menjelaskan pengertian beramal shaleh
|
Uraian
|
-
1
|
2.
|
Menyebutkan
|
Menyebutkan apa saja amal shaleh yang tidak
dapat putus pahalanya
|
Uraian
|
-
2
|
3.
|
Menalar
|
Mencari contoh-contoh penerapan amal shaleh
yang tidak dapat putus pahalanya
|
Uraian
|
-
3
|
4.
|
Menjelaskan
|
Menjelskan alasan nabi menyuruh melakukan 3
amal yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Uraian
|
-
4
|
5
|
Menyebutkan
|
Menyebutkan apa yang didapatkan setelah
melakukan amal shaleh.
|
Uraian
|
-
5
|
*) Skor setiap butir soal 20 ( 5 soal
x 20 = 100).
4. Penilaian
Keterampilan (penilaian unjuk kerja)
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Menghafal
|
Siswa mampu menghafal hadits 3 amal
shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Siswa mampu menghafal sebagian besar hadits
3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Siswa mampu menghafal hadits 3 amal shaleh
yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Siswa belum mampu menghafal hadits 3
amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
|
2
|
Menulis
|
Mampu menuliskan semua hadits 3 amal
shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Mampu menuliskan setengah atau lebih hadits
3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Mampu menuliskan kurang dari setengah hadits
3 amal shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Belum mampu menuliskan hadits 3 amal
shaleh yang tidak dapat putus pahalanya.
|
Contoh Rubrik
yang digunakan
No
|
Nama
|
Nilai
|
Catatan Guru
|
|
Menghafal
|
Menulis
|
|||
1
|
Ahmad Jifri
|
|
|
|
2
|
Candra Choiriyah
|
|
|
|
3
|
Hendra Musthofa
|
|
|
|
4
|
Muhammad Jefri
|
|
|
|
Rumus perhitungan sebagai berikut:
Jumlah skor akhir yang diperoleh x 100
Skor ideal
Keterangan :
·
Jumlah
skor yang diperoleh siswa adalah skor yang diperoleh dari kriteria 1 dan 2.
·
Skor
ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
Pada contoh ini, skor ideal = 2x4=8.
Mengetahui
Kepala MIS Nurul Iman
Sulthon Mas’ud. M.Pdi
NIP. 19976007 200103 2 007
|
Surabaya, 14 Mei 2017
Guru Kelas
Ahmad Rizal Fannani
NIM. D07215002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar